Oreology

Softskill

Softskill ke-3 >> PSSI ku Kandang Sepak bolaku

on October 16, 2010

Kalian yang warga Indonesia pasti tahu PSSI. Ya! PSSI atau Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia. Naaah, mau pada tahu PSSI lebih jauh  kan? Ini dia..

Sedari dulu sampai sekarang ini,  sepakbola menjadi salah satu olahraga rakyat yang sangat populer sekali, karena sepakbola merupakan sarana yang sangat berperan penting dalam menunjang pembangunan bangsa baik di bidang fisik, mental maupun spiritual dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur secara merata dan seimbang yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 Negara Indonesia.

Keberhasilan dalam hal pembinaan sepakbola juga diukur dari prestasi yang dicapai, karena tingginya prestasi sepakbola dapat membuat kebanggaan Nasional. Nah, dengan demikian keberhasilan pembinaan harus dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi sepakbola Nasional.

Dilihat dari sejarahnya, PSSI dibentuk di Yogyakarta pada tanggal 19 April 1930.

Sebagai organisasi olahraga yang dilahirkan di Zaman penjajahan Belanda, Kelahiran PSSI sangat  terkait dengan kegiatan politik yang menentang penjajahan. Jika kita meneliti dan menganalisa saat- saat sebelum, selama dan sesudah kelahirannya, sampai 5 tahun pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945,  sangat terlihat jelas sekali bahwa PSSI lahir, karena diurusi oleh para  politisi bangsa yang baik secara langsung maupun tidak langsung, menentang penjajahan dengan strategi menyebar rasa nasionalisme didalam jiwa para pemuda Indonesia. Yang pada saat itu,

Tahun 1930, Di ketuai oleh Ir. R. Soeratin Sosrosoegondo.

Dan kini, tahun 2010. Ketua Umum PSSI adalah H. AM. Nurdin Halid

 

Tim dari PSSI ini terbagi menjadi empat. Yaitu Tim A, Tim U-23, Tim U-19, Tim U-16, serta Tim SAD Indonesia.

Dan ini merupakan gambar dari Tim SAD Indonesia

PSSI ini juga bergabung dengan FIFA pada tahun 1952. PSSI beralamatkan di Stadium Utama Gelora Bung Karno Pintu X-XI Senayan Jakarta 10023.

Perkembangan PSSI di Masa Kini

Kini PSSI juga menangani pertandingan yang terdiri dari pertandingan di dalam negeri yang diselenggarakan oleh pihak perkumpulan atau klub sepakbola, pengurus cabang, pengurus daerah yang tercantum dalam kalender kegiatan tahunan PSSI sesuai dengan program yang disusun oleh PSSI. Pertandingan dalam rangka Pekan Olahraga Daerah (PORDA) dan pekan Olah Raga Nasional (PON). Pertandingan lainnya yang mengikutsertakan peserta dari luar negeri atau atas undangan dari luar negeri dengan ijin PSSI.

Kepengurusan PSSI juga telah sampai ke pengurusan di tingkat daerah di seluruh Indonesia . Hal ini yang tentunya membuat Sepakbola semakin menjadi olahraga yang berprinsip dari rakyat dan untuk rakyat.

Perkembangan yang selanjutnya PSSI menjadi anggota FIFA sejak tanggal 1 November 1952 saat congress FIFA di Helsinki. Setelah diterima menjadi anggota FIFA, lalu PSSI diterima menjadi anggota AFC (Asian Football Confederation) tahun 1952.

Selain itu juga, di tahun 1953 PSSI telah memantapkan posisinya sebagai organisasi yang berbadan hukum dengan mendaftarkan ke Departement Kehakiman dan mendapat pengesahan melalui SKep Menkeh R.I No. J.A.5/11/6, tanggal 2 Februari 1953.

Nah, itu dia sekilas tentang sejarah dan perkembangan dari PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia)🙂🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: