Oreology

Softskill

MANUSIA & KEGELISAHAN

on April 14, 2011

Pengertian Kegelisahan

Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan, kekhawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.

Sebab-sebab Orang Gelisah

Apabila kita kaji, sebab-sebab orang gelisah adalah karena pada hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya.Hal itu akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari luar maupun dari dalam.

Usaha-usaha Mengatasi Kegelisahan

Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama harus dimulai dari diri kita sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat diatasi.

Keterasingan

Keterasingan berasal dari kata terasing dan kata itu adalah dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kita terasing, berarti, tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain, atau terpencil.

Terasing atau keterasingan adalah bagian hidup manusia. Sebentar atau lama orang pernah mengalami hidup dalam keterasingan, sudah tentu dengan sebab dan kadar yang berbeda satu sama lain.

Kesepian

Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengan, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengan, tidak berteman. Setiap orang pernah mengalami kesepian, karena kesepian bagian hidup manusia, lama rasa sepi itu bergantung kepada mental orang dan kasus penyebabnya.

Ketidakpastian

Ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti, artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal usul yang jelas. Ketidakpastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas. Itu semua adalah akibat pikirannya tidak berkonsentrasi.

Sebab-sebab Terjadinya Ketidakpastian

Beberapa sebab orang tak dapat berpikir dengan pasti ialah :

Obsesi

Merupakan gejala neurosa jiwa, yaitu adanya pikiran tertentu yang terus menerus, biasanya tentang hal-hal yang tak menyenangkan.

Phobia

Ialah rasa ketakutan yang tak terkendali tanpa diketahui sebab-sebabnya.

Kompulasi

Ialah adanya keaguan tentang apa yang telah dikerjakan, sehingga ada dorongan yang tak disadari melakkan perbuatan yang serupa berkali-kali.

Histeria

Ialah tekanan mental.

Delusi

Menunjukkan pikiran yang tidak beres, karena berdasarkan suatu keyakinan palsu.

Halusinasi

Khayalan yang terjadi tanpa rangsangan panca indera.

Keadaan Emosi

Dalam keadaan tertentu seseorang sangat berpengaruh oleh emosinya.

Usaha-usaha Penyembuhan Ketidakpastian

Orang yang tidak dapat berpikir dengan baik, atau kacau pikirannya ada bermacam-macam penyebabnya. Untuk dapat menyembuhkan keadaan itu bergantung kepada mental si penderita. Bila hal itu terjadi, maka jalan yang paling baik bagi penderita ialah diajak pergi atau ke psikolog sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: