Oreology

Softskill

Manajemen & Organisasi

on December 16, 2011
  • Apa itu Manajemen?

Menurut Profesor Oei Liang Lec, definisi manajemen adalah sebagai berikut :

Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisaskan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia denga bantan alat-alat untk mencapai tujua yang telah ditetapkan.

Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasu dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin.

Manajemen merupakan kegiatan pikok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengola input menjadi output melalui proses manajemen.

 

  • Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen merupakan perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam kegiatannya mengella perusahaan, di mana secara garis besar fungsi manajemen dibagi mennjadi 5 baian, yaitu sebagai berikut :

1. Planning (Perencanan)

2. Organizing (Pengorganisasian)

3. Directing (Pengarahan)

4. Coordinating (Koordinasi)

5. Controling (Pengawasan)

 

Organisasi dan Keorganisasian

  • Apa itu Organisasi?

Organisasi merupaan salah sau sarana unk mencapai tujuan perusahaan melaui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan oleh seorang pimpinan dengan organisasi yang tecipta di perusahaan yang bersankutan. Jadi keberhasilan sebuah perusahaan tergantung pada organisasi terutama stuktur organisasi yag dianut.

 

Berikut ini definisi organisasi menurut BOONE dan KATZ :

Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berintraksi untuk mencapai tujuan.

 

  • Sruktur Organisasi

Sruktur organisasi merupakan kelanjutan dari dua bentuk pola organisasi. Struktur organisasi ini, secara otomatis merupakan perwujudan struktur organisasi formal dengan menganalisi jabatan apa yag harus diperlukan dalam mencapai tuuan untuk kemudian menentukan kualifikasi maupun jumlah orang yang diperlukan untuk mengisi jabatan yang telah ditetapkan.

Struktur organisasi yang dibentuk akan selalu berdasarkan pada 3 komponen organisasi, yaitu :

 

1. Interaksi kemanusiaan

2. Kegiatan yang trarah ke tuua

3. Struktur

 

Berdasarkan ketiga komponen organisasi itu seorang manajer pencak harus dapat mengkoordinir kegiatan-kegiatan karyawan dalam mencapai tujuan organisasi. Di samping itu, pertimbagan ketiga komponen tersebut, struktur organisasi harus memberikan penjelasan bagaimana pembagian kekuasaan.

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: