Oreology

Softskill

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan & Penawaran

on May 8, 2012

Setelah membahas mengenai Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran pada artikel yag sebelumnya, kini akan dibahas mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan dan juga penawaran. Dalam hal ini, faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran berhubungan langsung denga konsumen yang paling uama. Berikut ini untuk lebih lanjutnya :

 

*Faktor yang mempengaruhi permintaan :

1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Di jaman sekarang yang serba modern saat ini handphone blackberry dan android sedang trend di kalanan masyarakat luas dan banyak yang berminat untuk membelinya, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin saja salah satu dari blackberry ataupun androis akan dianggap dianggap kuno di masa-masa yang akan datang.

2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Bisa dimisalkan, jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.

3. Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang berpenghasilan sendiri atau punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka sebaliknya, seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli atau berbelanja.

4. Perkiraan harga di masa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.

5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila melanda masyarakat luas di dunia, maka produk masker pelindung akan sangat laris dijual dipasaran. Contoh lain yaitu ketika bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.

 

*Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran

1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.

2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.

5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: