Oreology

Softskill

Hukum Permintaan & Hukum Penawaran

on May 8, 2012

Pada bahasan artikel kali ini, akan di ulas mengenai Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran. Di dalam sistem perekonomia yang mendasar kepada ilmu ekonomi, maka tersirat juga mengenai permintaan dan penawaran serta masing-masing definisinya yang telah dibahas pada artikel sebelumnya yang berjudul “Pengertian Permintaan dan Penawaran”. Maka kini akan dibahas mengenai Hukum dari permintaan dan penawaran.

Dalam hukum permintaan dan hukum penawaran, jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus), maka muncul spekulasi bahwa  “Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya”.

Semua hal tersebut dapat saja terjadi karena semuanya ingin mencari kepuasan (keuntungan) yang sebesar-besarnya dari harga yang ada.  Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.

Hukum permintaan

Definisi dari hukum permintaan yaitu adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi:

“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”

 

Hukum penawaran

Sedangkan dalam definisi hukum penawaran, yakni disebutkan “Bahwa semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga”. Dengan demikian bunyi hukum penawaran berbunyi:

“Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditwarkan.”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: