Oreology

Softskill

Pengertian Permintaan & Penawaran

on May 8, 2012
Di dalam ilmu perekonomian, terdapat 2 jenis kegiatan yang saling berhubungan, yaitu permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan dapat membentuk menjadi satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas yang diperlukan dan yang akan di produksi(jumlah barang). Karena setiap transaksi perdagangan pasti di dalamnya terdapat beberapa kegiatan yakni permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain dan tentunya saling berkaitan.
Berikut ini, ulasan artikel tentang pengertian dari PERMINTAAN dan PENAWARAN :
>>  PERMINTAAN
 Permintaan ialah merupakan pernyataan dari  sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu yang tertentu juga. Masyarakat selaku konsumen tentunya harus membeli barang atau jasa keperluannya di pasar. Keadaan ini mengandaikan bahwa barang atau jasa itu memiliki tingkat harga tertentu. Adanya berbagai macam harga di pasar selanjutnya mengandaikan adanya kondisi yang mempengaruhi. Adapun unsur-unsur yang terdapat pada permintaan yakni barang atau jasa, harga dan kondisi yang mempengaruhi. Jadi permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang dibeli dalam berbagai situasi dan tingkat harga.
Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta interaksi mereka di pasar. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
>>  PENAWARAN
Setelah diatas membahas mengenai penjelasan tentang permintaan dan hal-hal yang berkaitan dengan permintaan, maka kini mari membahas tentang penawaran (supply). Jadi, apakah yang dimaksud dengan penawaran? Tentu di kehidupan sehari-hari anda pernah melihat pedagang asongan yang menjajakan dagangannya di lampu merah atau anda melihat para pedagang yang menjajakan dagangannya di pasar. Dan menurut pandangan anda apakah mereka sedang melakukan kegiatan penawaran? Jadi, apakah penawaran itu? Dalam ilmu ekonomi, penawaran diartikan sebagai sejumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu.  Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan  pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen, pihak produsen menyediakan berbagai barang dan jasa. Barang dan jasa hasil produksi ini kemudian dijual kepada konsumen di pasar menurut tingkat harga tertentu. permintaan bersangkut paut dengan pembelian dan pemakainan sedangkan penawaran bersangkut paut dengan peneyediaan dan penjualan. Jadi penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual pada berbagai tingkat harga dan situasi.
Sumber :
http://chandrapamungkas.wordpress.com/2011/04/05/permintaan-penawaran-hukum-permintaan-dan-penawaran-harga-keseimbangan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: