Oreology

Softskill

Sistem Perekonomian

on May 8, 2012

Dalam pembahasan artikel kali ini, terkait tentang “Sistem Perekonomian”. Sistem perekonomian dalam arti yang sesungguhnya dapat bersifat global (umum) dan juga dapat bersifat khusus (dalam arti yang lebih sederhana dan sempit). Sistem Perekonomian diterapkan untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ilmu ekonomi, baik di lingkungan keluarga, perorangan, bahkan negara atau pemerintahan. Untuk lebih jelasnya, mari bahas lebih lanjut tentang “Sistem Perekonomia”.

Sistem perekonomianmemiliki definisi yakni adalah sebuah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
Selain faktor produksi yang telah disebutkan sebelumnya, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang dapat mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
Dalam hal ini, kegiatan pemenuhan kebutuhan manusia meliputi 3 kegiatan ekonomi yakni :

konsumsi, produksi dan distribusi

 

Ketiga kegiatan di atas dibisa dipisahkan, sehingga ketiganya membentuk suatu sistem baru yang disebut sistem ekonomi. Sistem ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Suatu sistem yang terdiri dari kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia atau serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2.  Perpaduan beberapa subsistem yang membentuk sistem itu sendiri
3.  Perpaduan dari aturan – aturan atau cara – cara yang merupakan satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian.

Faktor – faktor yang Dapat Mempengaruhi Sistem Ekonomi, ialah :
Perbedaan sistem ekonomi terjadi secara jelas dan hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan nilai – nilai hidup antara suatu kelompok masyarakat atau negara. Faktor – faktor yang mempengaruhi pemakaian suatu sistem ekonomi antara lain :
1. Faktor Intern :  lembaga ekonomi, lembaga sosial, lembaga ide, kebijakkan pemerintah

2. Faktor Ekstern : keadaan politik, falsafah negara, hukum yang berlaku, politik luar negeri

Dasar bekerjanya sistem ini adalah adanya invisible hand atau tangan yang tak terlihat yang dicetuskan oleh ahli ekonomi Adam Smith. Dasar ini berasal dari paham kebebasan. Paham kebebasan ini sejalan dengan pandangan ekonomi kaum klasik, dimana mereka menganut paham ‘Laissez Faire’, yang mengendaki kebebasan melakukan kegiatan ekonomi, dengan seminim mungkin campur tangan pemerintah. Kaum klasik berpendapat seperti itu, karena menganggap bahwa keseimbangan ekonomi/pasar akan tercipta dengan sendirinya.
Sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi,antara lain :
1. Perekonomian terencana
2. Perekonomian pasar
3. Perekonomian pasar campuran
• Berikut ini beberapa jenis  Sistem Perekonomian di dunia
1. Sistem Ekonomi Tradisional

2. Sistem Ekonomi Liberal

3. Sistem Ekonomi Komando / Sosialisme

4. Sistem Ekonomi Campuran

5. Sistem Ekonomi Kapitalisme

6. Sistem Ekonomi Komunisme


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: