Oreology

Softskill

Pembuatan Ontology Learning Object Pada E-Learning

on November 5, 2012

 

  • Latar Belakang

Perkembangan internet dan e-learning [1] dengan aplikasi dan tools baru yang menyertainya, secara cepat telah mengubah bentuk atau cara pembelajaran yang lama. Pada cara pembelajaran yang lama, content e-learning yang merupakan salah satu komponen e-learning didistribusikan dengan gaya semi terstruktur. Prinsipnya content tersebut dapat diakses secara online. Namun dalam memperoleh content yang sesuai banyak menemui masalah yang disebabkan terbatasnya pemberian kata kunci pada content tersebut. Sayangnya, web (termasuk e-learning) dibuat untuk konsumsi manusia, bukan untuk mesin. Mesin hanya dapat membaca web tapi tidak memahami isi dari web

tersebut. Sehingga pencarian content sangat tergantung dengan kata kunci yang diberikan pada content tersebut. Web semantik [2,3] sebagai generasi baru dari teknologi web sangat menjanjikan untuk diterapkan pada e-learning. Teknologi web semantik membuat web atau komponen dalam web tersebut dapat dipahami oleh mesin. Cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menambahkan metadata ke dalam web atau komponen web. Dalam perkembangannya e-learning content berubah menjadi learning object [4] dengan adanya penambahan metadata [5]. Adanya tambahan metadata tersebut dapat membuat isi dari learning object menjadi lebih tepat untuk dikenali.

Masalahnya adalah learning object yang ada masih belum terorganisasi sehingga perlu dibuatkan ontology [6] yang dapat memudahkan dalam proses mencari dan mendapatkan learning object tersebut. Tujuan penulisan ini adalah merancang dan membuat ontology Learning Object yang dapat digunakan untuk mencari dan mendapatkan materi

dalam web e-learning. Dalam penulisan ini akan di jabarkan proses pembuatan dari ontology mulai dari

pendefenisian, pembuatan dan penimpanan ontology, semantik ke dalam database dan pengujian.

 

2. Pendefinisian komponen Ontology

Komponen pembangun ontology terdiri dari Class dan Property.

 

2.1 Komponen Class

Komponen Class didefinisikan berdasarkan kajian terhadap standar LOM (Learning Object Metadata). Tidak semua metadata dalam standar LOM digunakan dalam mendefinisakn class, hanya sebagian yang dianggap penting saja yang digunakan di sini. Dalam penelitian ontology learning object ini, mengklasifikasikan class menjadi sepuluh class utama (dokumen, jenis dokumen, materi, orang, status dokumen, tingkat interaksi, tingkat kesulitan, tingkat pendidikan, tipe interaksi, tipe materi), beberapa class utama tersebut masih terbagi menjadi subclass. Dari kesepuluh class yang sudah terdefinisi tidak semuanya memegang peranan penting dalam pemodelan ini. Hanya class dokumen dan materi yang menjadi pokok perhatian. Class yang lain tetap dimodelkan dengan pertimbangan dapat dikembangkan di masa yang akan datang.

 

  • Perumusan Masalah
  1. Bagaimana penjabaran proses pembuatan ontology beserta impelementasinya untuk dimanfaatkan dalam proses pencarian suatu learning object?
  2. Bagaimana hasil pencarian yang dilakukan dengan memanfaatkan ontology?

 

  • Metodelogi

Dalam penulisan artikel ini, pembahasan dibatasi pada penyebatan dan perencanaan pembuatan ontology hingga didapat penjabaran proses pembuatan ontology beserta implementasinya untuk dimanfaatkan dalam proses pencarian suatu learning object.

 

  • Inti Pembahasan

Hasil dari ontology yang dirancang dan dibuat, mampu untuk dapat mengorganisasikan learning object ke dalam domain tertentu, sehingga hasil pencarian berdasarkan ontology pun dapat memberikan hasil yang maksimal serta beragam. Selain itu, pemberian kata kunci pada learning object juga dapat berpengaruh kepada hasil pencariannya.

Dalam pembuatan onlotogy, pendefinisian class juga sangat berpengaruh bagi pengelompokan learning object. Semakin detail class yang dibuat, maka semakin dekat pula hubungan antar learning object yang berada dalam satu kelompok yang sudah ada.

Selain itu, kesesuaian dan juga ketepatan dalam hasil pencarian sangat ditentukan oleh berapa banyak kata kunci yang terdapat dalam learning object serta pendefinisian class dalam ontology.

 

  • Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengamatan selama proses perancangan, implementasi, uji coba dan analisa, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Ontology yang dihasilkan sudah mampu untuk mengorganisasi learning object ke dalam

domain tertentu.

2. Hasil pencarian berdasarkan ontology memberikan hasil yang lebih beragam.

3. Pemberian kata kunci pada learning object sangat mempengaruhi hasil pencarian.

4. Pendefinisian class dalam pembuatan ontology sangat berpengaruh kepada pengelompokan   

    learning object. Semakin detail class-class yang dibuat, semakin dekat hubungan antar

    learning object yang berada dalam satu kelompok.

5. Ketepatan dan kesesuaian hasil pencarian ditentukan oleh berapa banyak kata kunci yang

terdapat dalam learning object serta pendefinisian class dalam ontology.

 

  • Daftar Pustaka

[1] URL:

http://ltc.lionair.co.id/mod/forum/discuss.ph p?d=6.

[2] Hebeler, John., Matthew Fisher., Ryan Blace and Adrew Perez-Lopez.2009, Semantic Web Programming. Wiley. Indianapolis. Publishing, Inc.

[3] Henze, N., Peter Dolog and Wolfgang Nejdl, 2004, “Reasoning and Ontologies for Personalized E-Learning in the Semantic Web”.

[4] URL: http://en.wikipedia.org/wiki/Learning_object.

[5] Learning Technology Standards Committee.2002, “Draft Standard forLearning Object Metadata”.. New York. 2

Institute of Electrical and Electronics Engineers, Inc

[6] Bernard Renaldy Suteja & Ahmad Ashari. 2008, “Ontology e-Learning Content berbasis Web Semantic”.

[7] Horridge, Matthe.W, 2009, A Practical Guide To Building OWL Ontologies Using Prot´eg´e 4 and CO-ODE Tools Edition 1.2. The University Of Manchester.Manchester.

[8] Murray, Chuck, 2010, Semantic Technologies Developer’s Guide 11g Release 2 (11.2). Oracle

[9] URL: http://www.w3.org/1999/07/13-persistant-RDFDB

[10] Yu, Liyang, 2007, Introduction to the Semantic Web and Semantic Web Services..London. Chapman & Hall/CRC

[11] URL: http://space.meruvian.org/jeni/JENI_1_Materi.zip?attredirects=0&d=1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: