Oreology

Softskill

Resensi Artikel

on May 18, 2013
  1. Data publikasi
    1. Judul : Berkaca Pada Kasus Leysus
    2. Penulis : Drg. Ahmad Syaify, SpPerio, DOsen FKG UGM dan mahasiswa S3 Pascasarjana UGM
    3. Penerbit : http://kempoantolin.wordpress.com/artikel-kesehatan-gigi-berkaca-pada-kasus-leysus/
    4. Tema : Kesehatan Gigi

 

  1. Sinopsis atau ringkasan :

Dalam kasus kematian yang terjadi pada Leysus, bisa dirunut dari teori focal infeksi di rongga mulut bertanggung jawab atas inisiasi dan progresi berbagai penyakit inflamasi seperti radang sendi, tukak lambung, dan radang usus buntu.

Kemajuan dalam klasifikasi dan identifikasi kuman bakteri rongga mulut dan bidang imunologi, semakin meyakinkan adanya peran penting infeksi gigi terhadap berbagai penyakit sistemik seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit paru, penyakit gula, stroke, kanker, dan sebagainya. Juga menjadi semakin jelas bahwa gigi dan rongga mulut dapat menjadi tempat asal bagi desiminasi mikroorganisme penyebab penyakit ke bagian tubuh lain.

Sejumlah studi epidemiologi mengusulkan bahwa infeksi rongga mulut, khususnya radang gusi (gingivitis) dan jaringan pendukung gigi (periodontitis) merupakan suatu faktor resiko bagi penyakit sistemik.

Jumlah bakteri di rongga mulut bisa mencapai ratusan juta. Xiajing Li dkk (2000) mencatat lebih dari 1011 bakteri dalam setiap milligram plak gigi. Plak adalah semacam lender yang senantiasa menempel pada permukaan gigi.

Memang tidak semua bakteri rongga mulut membahayakan. Sebagian besar justru dibutuhkan sebagai flora normal mulut. Bakteri yang potensial menimbulkan penyakit gig dan banyak pula dijumpai pada penyakit sistemik yaitu golongan bakteri anaerob gram negatif. Antara lain, P. Gingivalis, B. Intermedius, dan A. Actinomycetemcommitans. Bakteri-bakteri tersebut dominan pada radang gusi dan radang sekitar ujung akar gigi, sampai jadi bengkak bernanah abses, seperti yang dialami oleh almarhum Leysus.

 

  1. Keunggulan :

Pembaca dapat mengetahui kesehatan seputar gigi dan bagaimana cara yang baik dan tepat untuk merawat gigi agar terhindar dari sakit.

 

  1. Kekurangan :

Pembahasannya kurang mendalam.

 

  1. Pendapat akhir atau saran :

Dari isi yang telah dibahas dalam topik ini, sebaiknya kita mengambil hikmah dari kasus yang dialami oleh almarhum Leysus. Rajinlah menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan gigi. Agar kita tidak menderita sakit gigi dan berdampak ke kesehatan tubuh yang lainnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: